Tips bersih-bersih android

Hal yang paling menjengkelkan adalah saat ketika sedang asyik bermain smartphone adalah adanya notifikasi soal kapasitas memory yang sudah full. Apalagi kalau sedang merekam video momen penting dalam hidup. Cara paling mudah tentu saja dengan menambah kapasitas memori eksternal dengan yang lebih besar. Kalau memori nya sudah maksimal atau smartphone kita tidak dibekali fitur eksternal memori? Ada beberapa cara sederhana untuk bisa mendapatkan ruang memori yang lebih lega. Salah satunya tentu saja dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak dipakai lagi atau jarang dipakai.

Berikut cara sederhana lainnya :
1. Hapus cache dan data pada aplikasi. Ini bisa dilakukan apabila Anda tidak mau menghapus aplikasi yang sudah di install. Cukup masuk ke "Setting", "Storage", lalu pilih  "Cached data".  Bersamaan dengan itu, Anda bisa melihat seberapa banyak cache dan database suatu aplikasi menghabiskan memori. Setelah menghapus cache dan database, aplikasi akan kembali seperti pertama kali Anda menginstalnya. Misal untuk Facebook, Anda akan otomatis keluar atau log out setelah menghapus cache dan database.

2. Lakukan sinkronisasi foto dan video ke penyimpanan cloud. Bagi yang suka selfie dan merekam video, perlu diketahui bahwa dua tipe file tersebut menyita memori yang cukup besar. Jika masih sayang dengan foto dan video, opsi yang bisa dilakukan adalah menyinkronkan file-file itu ke cloud. Dan disarankan ketika melakukan sinkronisasi, Anda memakai jaringan Wi-Fi, karena cara ini cukup memakan kuota yang besar. Cara sinkronisasinya cukup mudah, masuk ke menu "Setting", pilih "Sync", pilih applikasi tempat penyimpanan kemudian lakukan sinkronisasi. File yang sudah disimpan di cloud bisa dihapus.

3. Hapus data dari browser. Rekam jejak dalam browsing di dunia maya akan tersimpan dan akan memakan ruang memori juga. Karena itu ada baiknya untuk menghapus data dari browser smartphone secara berkala. Untuk browser Chrome, pilih "Setting", "Privacy", kemudian pilih "Clear Browsing Data". Pilih data apa yang Anda ingin bersihkan. 

4. Hapus playlist musik offline dan film. Bersih-bersih ini berlaku bagi Anda yang suka menjajal aplikasi video atau musik on-demand semacam Netflix dan Spotify.  File film umumnya berkisar 1 GB sampai 2 GB. Coba bayangkan kalau kita menyimpan lebih dari 5 film, tentu memori akan cepat habis. Sebaiknya hapus film yang sudah ditonton.

5. Gunakan aplikasi cleaner. Aplikasi ini bertugas untuk membersihkan sampah-sampah atau file-file yang memakan ruang penyimpanan dan tidak dipakai di ponsel android pengguna. Dengan bersihnya ponsel dari file-file sampah tersebut, maka performa ponsel pun bisa meningkat. Beberapa aplikasi cleaner yang banyak direkomendasikan adalah : Clean Master, CCleaner, DU Speed Booster dan sebagainya.

Selamat mencoba! 




0 Response to "Tips bersih-bersih android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel