Tertusuk duri atau serpihan kayu ? Begini solusinya

Ketika membiarkan anak bermain di luar rumah, ada banyak kejadian tak terduga yang harus siap dihadapi. Misalnya tertusuk duri atau kayu. Kelihatannya sih sepele.  Namun, bagi beberapa anak mungkin akan terasa kesakitan.

Tertusuk duri
Menurut Cathy Johnson dari RN Science and Health Unit, pada beberapa kasus kemasukan duri bisa menjadi masalah serius jika didiamkan saja.

"Sembilan dari 10 kasus kemasukan serpihan kayu ini sebetulnya cuma kejadian ringan kita bisa langsung mencabutnya. Tapi kadang bisa juga cukup parah, yaitu ketika tubuh kita mengenali ada objek asing yang masuk ke dalam kulit sehingga menimbulkan reaksi imun," kata Cathy seperti dikutip dari ABC Australia.

Daripada menimbulkan risiko, lebih baik segera mencabutnya dari kulit anak kita ya kan?. Kita bisa lho, membantu si kecil tanpa bantuan dokter. Dilansir Family Handyman, berikut lima cara rumahan untuk membantu mencabut duri dari kulit si kecil.



1. Soda kue
Tambahkan air ke 1/4 sendok teh soda kue untuk membentuk pasta. Setelah membersihkan area kulit, tambahkan pasta ke area yang kesusupan duri. Tutup dengan perban dan biarkan selama 24 jam. Setelah terlepas, duri atau serpihan kayu akan terlihat dan Bunda bisa menariknya dengan pinset.


2. Lakban
Lakban akan membantu menarik duri. Tempel lakban di atas kulit yang kesusupan duri. Tarik ke arah yang berlawanan dari posisi duri.

3. Garam epsom (Garam Inggris)
Jika duri sudah terlalu menancap ke dalam kulit, rendam ke larutan garam Epsom. Bunda juga dapat mencoba menaburkan garam Epsom di perban, dan menutupi serpihan. Garam akan menarik keluar duri. Butuh sedikit waktu untuk duri bisa keluar dari kulit anak.


4. Cuka
Sifat asam dari cuka dapat mengecilkan pori-pori kulit, dan membantu menarik duri ke permukaan. Bunda bisa menggunakan cuka dapur atau cuk apel. Rendam setidaknya selama 10 hingga 15 menit. Jika masih belum berhasil, cobalah kulit anak direndam dalam air hangat sebelum dimasukkan kembali ke cuka.


5. Kulit pisang
Mungkin terkesan aneh tapi kulit pisang bisa menarik duri dari kulit. Caranya gampang banget, Bun. Tempel kulit pisang semalaman, lalu duri akan muncul ke permukaan kulit. Bahkan bisa juga menempel pada kulit pisang.

0 Response to "Tertusuk duri atau serpihan kayu ? Begini solusinya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel