Serba serbi Michelin Star - penghargaan dibidang kuliner

Salah satu penghargaan restoran yang diakui oleh dunia internasional adalah Michelin Star. Michelin Star ini ibaratnya Piala Oscar di dunia kuliner dan jadi golden ticket buat restoran dan chef untuk dikenal dunia. Beberapa dari kamu mungkin udah nggak asing lagi dengan Michelin Star, tapi buat yang masih clueless, yuk simak penjelasan lengkap kita seputar Michelin Star berikut ini.
Asal Michelin Star
Kalau kamu bertanya-tanya apa ini sama dengan Michelin yang memproduksi ban, jawabannya iya. Michelin Star ini mulanya berasal dari Michelin Guide yang merupakan buku panduan perjalanan yang dibuat khusus oleh Perancis bersaudara, Andre dan Edouard Michelin untuk para pelanggannya. Terbitan pertama mulai dari tahun 1900-an. Sebenarnya di dalam guide pertama yang Michelin buat, mereka tidak dengan sengaja membuat daftar restoran terbaik di dunia atau daftar chef terbaik atau restoran dengan harga termahal di dunia. Walaupun pada akhirnya, restoran yang mendapat Michelin Star akan menaikkan harga makanan mereka karena penghargaan tersebut.
Pada awalnya Michelin Guide itu berisi daftar restoran yang bisa dikunjungi traveler saat melewati rute tertentu. Selain restoran, mereka juga memasukkan daftar hotel, pom bensin, bengkel, dan toko ban Michelin di dalam buku tersebut. Nah, untuk memasukkan restoran-restoran di guide, Michelin membentuk tim khusus yang dikenal dengan sebutan sebagai inspektor. Inspektor-inspektor ini anonymous, jadi restoran tidak akan tahu saat mereka datang. Setiap inspektor datang me-review restoran, mereka akan membuat memo yang kemudian akan dibahas bersama dengan inspektor lain untuk menentukan restoran mana yang akan mereka berikan penghargaan.

Fakta seputar Michelin
Berikut adalah fakta-fakta yang perlu kita ketahui tentang Michelin Star:
  • Orang sama yang memulai ban Michelin menciptakan panduan Michelin (Michelin Guide).
  • Bintangnya dapat diambil, dan restoran harus bekerja keras untuk menjaganya.
  • Restoran dapat mencapai bintang satu, dua atau tiga.
  • Michelin Guide tidak mencakup semua kota.
  • Ini tidak hanya tentang makanan tetapi aspek-aspek seperti daftar minuman, suasana, layanan, dekorasi, alat makan, dan bahkan karangan bunga juga dinilai.
  • Di tahun 2013, ada 107 restoran di dunia dengan 3 bintang Michelin.
  • Michelin Guide juga memberikan penghargaan Bintang Baru (Rising Star), indikasi bahwa restoran memiliki potensi untuk memenuhi syarat untuk sebuah bintang atau sebuah tambahan bintang.
  • Ada sebuah film dokumenter tentang hal itu disebut "Three Stars" (tiga bintang).

Penilaian Michelin Star
Michelin Star dimulai dari satu bintang dan yang tertinggi adalah tiga bintang. Mendapatkan penghargaan ini sangat sulit. Inspektor akan menilai kualitas makanan, teknik memasaknya, konsep restoran, dan pelayanan restoran saat membuat review. Mereka tidak melihat interior restoran atau table setting. Jadi restoran yang mendapatkan bintang satu Michelin tidak berarti restoran tersebut buruk. Faktanya, dari 10.000 restoran, hanya ada 1 restoran yang berkesempatan mendapatkan bintang satu Michelin ini.
Lalu apa arti dari setiap bintang yang diberikan? Well, Michelin sendiri sih nggak pernah memberikan penjelasan resmi tentang itu, tapi menurut pengamat Michelin Star, arti dari bintang-bintang tersebut adalah:
  • Bintang satu: Restorannya bagus untuk kamu singgahi ketika sedang berkunjung ke area tersebut. Biasanya restoran tersebut termasuk kategori “restoran yang sangat baik di kelasnya” dan menawarkan hidangan dengan standar yang tinggi.
  • Bintang dua: Restoran dengan bintang dua Michelin berarti restorannya worth it untuk dikunjungi walaupun kamu harus mengambil rute yang lebih jauh dari biasanya untuk datang ke restoran ini. Bintang dua juga menandakan kalau restoran ini memberikan hidangan dengan kualitas outstanding yang perlu skill saat menyajikannya.
  • Bintang tiga: Restoran yang dapat bintang tiga ini spesial banget. Artinya, sangat worth it jika kamu merencanakan trip khusus hanya untuk makan di restoran ini. Menu-menu yang disajikan sudah pasti sangat baik dan sempurna. Biasanya juga menggunakan bahan-bahan terbaik di dunia untuk membuatnya.


0 Response to "Serba serbi Michelin Star - penghargaan dibidang kuliner"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel